BUTIR

1.Ketuhanan Yang Maha Esa

  • Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
  • Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  • Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa 
  • Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang
    menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.
  • Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang
    menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.
  • Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaanya masing masing
  • Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.

2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

  • Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.
  • Mengakui persamaan derajad, persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturrunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya.
  • Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia.
  • Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira.
  • Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.
  • Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
  • Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
  • Berani membela kebenaran dan keadilan.
  • Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia.
  • Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.

3. Persatuan Indonesia

  • Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
  • Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan.
  • Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
  • Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.
  • Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
  • Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.
  • Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

  • Sebagai warga negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama.
  • Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
  • Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
  • Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
  • Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.
  • Dengan i’tikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.
  • Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
  • Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
  • Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.
  • Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan pemusyawaratan.

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

  • Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan  kegotongroyongan.
  • Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.
  • Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
  • Menghormati hak orang lain.
  • Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.
  • Tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain
  • Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah.
  • Tidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum.
  • Suka bekerja keras.
  • Suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.
  • Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.

22 Komentar

  1. pancasila adalah ideologi bangsa indonesia
    jadi sikap dan kepribadian kita harus mencerminkan pancasila

  2. saya warga negara Indonesia, maka saya memiliki ideologi Bangsa Indonesia yaitu Pancasila.
    Indonesia adalah negara demokratis, tetapi jika Pancasila menghadapi ancaman, apakah kita harus berlaku demokratis?
    Demokrasi tidak bisa diterapkan jika terajadi ancaman pada Negara Indonesia.
    Berhati-hatilah kita terhadap ancaman dari segala penjuru.
    Bagaimana Penghianat2 Bangsa yang wajib MATI? (kita perlu HAM u/ mereka?)
    Jangan mudah diputar balikkan! Kita harus pintar!
    Indonesia harus tetap MERDEKA!
    MERDEKA!!!
    MERDEKA!!!
    MERDEKA!!!

  3. pancasila sudah tidak relevan lagi dipakai di indonesia. bila kita menginginkan pancasila sebagai idiologi bangsa yang mengedapankan dan membela kaum tertindas maka kita harus mnerekonstruksi kembali sistem wawasan kebangsaan yang dimiliki pemerintah dan elite politik yang sudah tidak bermoral dan merusak pancasila itu sendiri. salah satu diantaranya adalah dengan membebaskannya sistem budya asing yang masuk kedalam bangsa kita sehingga masyarakat kita menjadi masyarakat yang feodal dan hedonis. 2 ikutnya indonesia dalam pasar bebas sehingga dapat leluasanya kaum kapitalis merusak sistem ekonomi kerakyatan. 3 masuknya para infestor dari luar yang merusak sistem perekonomian kita. maka dari itulah bangsa kita sudah rusak dan hancur akibat para pejabat yang tolol dan tidak mengerti pancasila sebagai dasar negara.

  4. bpk andriyansyah tulisannya hasil pemikiran sendiri apa bukan..?
    kenapa muter2 ya jika dibaca.
    hee3x
    jika baru belajar bahasa Indonesia, mk anda ini siapa?
    janganlah jadi penghianat Bangsa Indonesia…

    PANCASILA sudah diuji Kesaktiannya.
    Jika masih mau menerima Pancasila, maka silahkan anda tinggal di Indonesia.
    Jika tidak, silahkan pergi dari Indonesia, jangan merusak!
    PERGI!!! dari Indonesia…

  5. kenapa dirubah/ditambahi, toh ga ada perubahannya di kehidpan masy indonesia.
    kenapa tidak diubah aja UU pidana dan perdata.Kan yg itu lebih jadul…

  6. bukan sistemnya yang diperbaharui…

    tapi cara berpikir dan moral dari yang punya/ menjalankan sistem tersebut.

    anda bisa lihat bagai mana orang2 asing menggeser cara berpikir.

    itu bisa dipelajari. lihat lingkungan dech yang pasti.

    contoh, orang2 digeser cara berpikirnya dari yang memahami PRIMBON JAWA ke FENG SUI CINA. Ini contoh nyata di lingkungan Indonesia ini.

  7. WAJIB MEMPERTAHANKAN NKRI
    WAJIB MEMPERTAHANKAN PANCASILA
    tapi di dunia ini tadk ada yang abadi
    tapi di dunia ini tak ada yang sempurna
    sudah merupakan hukum alam yang tak dapat dilawan
    TINGGAL BAGAIMANA USAHA KITA, SEMAMPU KITA UNTUK MEMPERTAHANKAN NKRI BERDASARKAN PANCASILA

    menafsirkan pancasila dalam butir2 menurut saya malah akan mengurangi keluhuran nilai-nilai dalam pancasila itu sendiri. Rakyat Indonesia tidaklah bodoh sehingga perlu didikte bagaimana cara memahami, menghayati dan mengamalkan pancasila. karena pancasila diambil dari nilai-nilai luhur BANGSA INDONESIA maka tidak seorang pun mempunyai hak untuk menafsirkannya dan memaksakan pada pada orang lain sebagai suatu kebenaran mutlak.
    “apakah beliau-beliau yang menyusun butir2 pancasila sudah menjalankan pancasila?”
    silahkan anda menjawabnya.
    PANCASILA MEMANG YANG TERBAIK UNTUK INDONESIA

    TANAH AIR KUCINTAI, ENGKAU KUHARGAI

  8. Pancasila, sebuah ideologi harusnya diyakini kebenarannya dan diterapkan, tapi lihat-lah prilaku elit politik yang menjadi panutan masyarakat, sampai dengan lapisan bawah rakyat dari sila 1 s.d sila 5 semuanya dilanggar dan pancasila cuma jadi slogan dan tidak diterapkan dalam kehidupan kemasyarakatan.
    Hidup Pancasila yang hanya menjadi simbol…

  9. setelah saya perhatikan semua arti dari setiap sila yang ada di sini ko isi nya cuman kewajiban dan peraturan yang harus di patuhi dan di jalan kan oleh masarakat kepada negara.nah apa timbal balik nya negara kepada masaraka nya nih ? karena setau saya ada di dalam pancasila itu berbunyi ” TANAH DAN AIR DAN SEMUA SUMBER KEKAYAAN ALAM DI PERGUNAKAN SEBESAR BESARNYA UNTUK KEPENTINGAN RAKYAT DAN MASARAKAT INDONESIA ” dan masih banyak yang lain nya yang terkandung di dalam pancasila itu yang isi nya iyalah kewajiban negara kepada masarakat nya yang selama ini tidak pernah di bahas ato di jadikan porgarm pemerintah ato partai mana pun padahal ini adalah kewajiban negara kepada rakyat nya sendiri. nah ini lah yang menjadi persoalan kita selama ini dalah hal bernegara hinga menibul kan masalah masalah ketidak puasan masarakat kepada pemerintah dan kepercaya an kepada partai apapun yang kalo di biarkan akan megarah kepada idiologi bangsa ya itu pancasila karena karena tampa kita sadari kita juga telah meghianati dan tidak menjalan kan apa yang terkandung dalam pancasila tersebut .demikain unek2 saya ini saya sampekan terima kasih mafa kalo ada tulisan saya yang kurang berkena .wasalam

    saya
    ferry jon

  10. masalah berbeda pendapat itu wajar saja. masalah ketidak sepahaman pandangan itu mungkin bisa saja. tetapi untuk menyatak bahwa PANCASILA sudah tidak cocok, itu saya rasa kurang bijaksana untuk menyatakan seperti itu. klo memang pancasila sudah tidak cocok, lalu apalagi yang dapat mengikat seluruh tali persaudaraan bangsa indonesia dengan keragaman suku, bahasa, budaya, masyarakatnya?? apakah ada lagi yang lebih baik lagi??? saya rasa tidak. PANCASILA sudah terbukti dapat dijadikan sebuah ideologi dan pandangan yang dapat diterima. walaupun saat ini, ditengah hantaman era modern, tak terasa nilai2nya sudah mulai pudar, tetapi tetap tidak bisa kita pungkiri bAHWA PANCASILA sebagai ideologi untuk menyatukan kita semua… sekarang tinggal bagaimana kita sebagai bangsa indonesia, dapat saling merangkul dan bahu membahu untuk sama2 tetap memegang dan menjadikan pancasila sebagai ideologi nbangsa indonesia ……

    PANCASILA…ABADI….PANCASILA….ABADI….PANCASILA….ABADI….. MERDEKA

  11. Pancasila merupakan ideologi yang sangat tepat digunakan di Indonesia….Walaupun pada kenyataannta NOL besar…Seharusnya setiap warga negara bisa memahami dan mengamalkan apa yang tertera dalam butir-butir pancasila…Memang susah untuk menjalankannya, karena Indonesia meupakan negara yang memiliki keanekaragaman..Pasti banyak perbedaan yang muncul yang mengakibatkan adanya tindakan-tindakan yang dapat mengancam persatuan dan keutuhan bangsa..Belum lagi adanya bahaya yang berasal dari luar negri akibat adanya globlalisasi…Mudah-mudahan saja setiap orang memiliki kesadaran untuk membangun Indonesia yang makmur, aman, dan sejahtera…Amien…Abadilah Pancasilaku

  12. Pancasila sebagai ideologi bangsa, harus dilakukan dalam kehidupan sehari hari baik manusia sebagai individu, manusia sebagai anggota masyarakat. Lakukan dan amalkan dalam kehidupan sehari hari. Kontrol dilakukan oleh setiap manusia yang hidup di bumi Indonesia

  13. Bukan secara kebetulan Pancasila menjadi Dasar Negara. Dengan isi dari tiap sila yang mencakup semua hal kehidupan berbangsa dan bernegara, maka menjadi kewajiban tiap anak bangsa untuk mengukur diri pribadinya dengan tiap sila dan penjabaran yang ada. Pancasila hadir dengan segala keluasan wahana yang bisa mengakomodir segala keberagaman yang ada dalam masyarakat Indonesia, maka apapun entah kelompok atau perorangan yang berani menyatakan ada Dasar lain yang lebih bagus (yang kadang ini hanya mewakili golongan dan kelompok tertentu ) harus berfikir ribuan kali untuk mampu menyamai makna urai yang terkandung dalam Pancasila. Ini memberi arti Bangsa ini (Indonesia Tercinta) hanya bisa bangkit kalau tiap SILA DALAM PANCASILA DIPERCAYAI DAN DIAMALKAN… BANGKIT PANCASILAKU…BANGKITLAH BANGSAKU…APAPUN KONDISIMU KAMI TETAP RAKYATMU.

  14. merdekalah indonesiaku

  15. sya adalh pelajar di salah astu sekolah di surabaya, pada saat ini saya membahas tentang pancasila dalam palajaran kewarganegaraan, setelah saya pelajari pancasila seperti omong kosong, apalagi bagian sila kelima yang berbunyi ” keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia” bukankah keadilan hanya bagi orang yang punya uang,karena keadilan di indonesia bisa di beli oleh uang.Jaksa atau hakim kasih uang habis perkara..dan kasus korupsi yang gak berhenti- berhent..i ayo dong jadikan indonesia yang benar -benar beridiologi pancasila..percuma dong dibuat sendiri terus dilanggar sendiri…

  16. Assalamu alaikum WR.WB
    Menurut saya, Pancasila Bukanlah Sebuah ideologi tetapi nilai atau visi suatu negara atau vision of state jadi salah besar jika Pancasila disebut sebgai ideologi. karena ideologi didunia terdapat tiga ideologi yaitu ideologi kapitalis sekuler, sosialis komunis, dan Islam. Dan indonesia saat ini belum jelas ideologinya sehingga semakin terpuruk karena tidak dalam satu negara berkembang dua atau 3 ideologi.

    terima kasih….

  17. aku bingung,.,.

    dapet PR tentang ideoloGi,.,.

    benernya IDeologi nTu apaan cie,.,.

    bIkin biNgung ngebaca banyaknmya pendapat tentang ideologi,.,.

    jadi sedih deh,.,.

  18. bagi saya ideologi pancasila hanya sebuah tulisan saja….peran seseorang praktek dari butir2 pancasila itu sendiri bener2 jarang di tanamkan dalam kehodupan individu masing2 rakyat indonesia…
    >mulai butir per1 ketuhanan yg maha esa;
    adanya perang sudara gara2 perbedaan agama..
    >butir ke2 kemanusiaan yg adil dan beradab;
    masih adanya orang tua yg masih mendzolimin anaknya dan begitu seballiknya
    >butir ke3 persatuan indonesia
    di suatu ruang lingkup masyarakat yg sdah terpecah belah membentuk suatu komunitas sendiri
    >butir ke4 kerakyatan yg di pimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan;
    apakah pantas sidang mpr/dpr yg di siarkan langsung di tv terjadi kerusuhan sampai melempar kursi hanya gara2 berbeda pendapat…itu yg di sebut musyawarah mufakat?!
    >butir ke5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia;
    itu hanya omong kosong…mengapa para koruptor misal yg di jatuhin hukuman 15 thn penjara tapi baru 2-3thn sudah kluar…apakah hukum di indonesia bisa d bayar dengan uang trus keadilan ada di mana?

    cukup penadapat saya…terima kasih.

  19. menurut saya suatu ideologi dalam bangsa itu adalah landasan negara yg wajib karena apabila suatu negara tanpa idiologi is nonsen beberkan jadi nsuatu idiologi juga dapat disebut adalah darah dari negara untuk memper kokoh dan sebagai suatu ikatan dal negara

  20. ideologi is negara yg demokrasi negara tanpa ideologi is n0oooonnnnnsen

  21. pancasila adalah dasa negaa inidonesia maka sudah seharusnya kita sebagai warga negara Indonesia bersikap yang becermin pada ideologi pancasila

  22. Garuda pancasila.. akulah pendukungmu..
    patriot proklamasi.. sedia berkorban untukmu..
    pancasila dasar negara..
    rakyat adil makmur sentosa..
    Pribadi bangsaku..
    Ayo maju-maju..
    Ayo maju-maju..
    Ayo maju-maju..

    Udah lamaya, lagu itu tak terdengar lewat siaran tv maupun radio.. Ayo bersama dengan semangatnya pancasila kita nyanyikan kembali lagu tersebut dengan sambil memaknai isi dari pancasila serta amalkan dalam kehidupan sehari-hari.. Jadikan indonesia sebagai penguasa dunia dan janganlah kita terus berpangku tangan terhadap bangsa kita, cukur habis penghianat-penghianat bangsa yang merugikan bangsa ini. jadikan kita, sebagai warga negara indonesia untuk membangun bangsa tercinta ini. “jangan tanyakan apa yang telah negara berikan kepadamu.. Tapi tanyakan apa yang telah kau sumbangkan kepada bangsamu”
    Aku cinta indonesiaku, sampai titik darah penghabisan, tetap terus akan ku bela.. NKRI harga mati.
    Lu asik gw nyantai..
    Lu usik gw bantai..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.